Apa itu artinya CABE-CABEAN

Seiring kemajuan jaman, terdengar sebuah istilah baru dalam dunia jejaring sosial. Yaitu cabe2an..
Berikut liputannya hasil copas dari berbagai sumber.


Pembahasan fenomena cabe-cabean masih terbilang hangat di awal 2014 ini. Bukan hanya pakar anak, remaja indonesia juga punya cara sendiri dalam memandang cabe-cabean.
Media sosial twitter jadi tempat menarik untuk membahas fenomena cabe-cabean. Menurut sejumlah pengguna, fenomena cabe-cabean sebenarnya fenomena lama. Cabe-cabean hanya istilah baru yang dulu dikenal dengan sebutan lain.
Bagi remaja yang menggunakan bahasa jawa, seperti remaja Solo misalnya istilah “Kimcil” barangkali bisa menggambarkan cabe-cabean. “Kimcil”adalah istilah untuk menggambarkan gadis belia usia 15 hingga 23 tahun yang cenderung sok imut.
“Daun muda perkotaan, biasanya berusia antara 15-23 tahun (SMA-Kuliah), bergaya trendi, suka begaol, cenderung sok imut, ceria-ceria bikin gemes, sasaran empuk cowok-cowok pinginan,”  tulis kamusslang.com, seperti dikutip Sabtu (4/1/2014).
Nama “Kimcil” diambil dari plesetan alat vital perempuan yang digabungkan dengan kata cilik atau dalam bahasa indonesia berarti kecil.
Sejumlah remaja menganggap kimcil dan cabe-cabean itu sama saja, hanya pembaruan istilah saja.

“Oalah, bahasa indonesiae kimcil iku cabe-cabean? -.- ono ae, (bahasa indonesianya kimcil itu cabe-cabean? ada-ada saja)” Kicau akun Gusti Chandra Rizki.
“Ha wong penak nyeluk KIMCIL, kok yo di ganti cabe-cabean. Cah ndonya saiki emang seneng sing ruwet kok (lebih enak panggil kimcil, kok ya diganti cabe-cabean. Manusia bumi sekarang memang senang yang lebih rumit kok),” kata akun @salatigakoplak.
“Hehe ngikuti semarang aja kimcil, jkt ma cabe”an tu,” kata N.Aresiana Cahyasari menanggapi kicauan akun @metasetiad.
“Kimcil was being replaced with Cabe-cabean,” kata Angga Yulian Saputra
Sementara kamus slang punya pandangan lain tentang pertautan istilah cabe-cabean dan kimcil. Menurut “kamus gaul” ini, cabe-cabean lebih parah dibanding kimcil.
“Cabe-cabean adalah singkatan dari kata ‘cewek alay bahan ewxxan’. Cabe-cabean bisa jga diartikan sebagai kimcil. Tapi Cabe-cabean lebih parah dari kimcil karena kimcil tidak semuanya alay. Sementara Cabe-cabean pasti alay,” tulis kamusslang.com.
---------------------------------*
Berikut 10 ciri cewek Cabe Cabean:
1. Gigi ‘Dipagar’
Cewek Cabe Cabean memakai ‘pagar’ gigi atau behel. Namun mereka lakukan itu bukan untuk kesehatan atau kebutuhan giginya, melainkan hanya sekadar gaya. Bahkan, pasangnya di ahli gigi bukan dokter gigi.
2. Pakai Make Up di Malam Minggu
Pakai make up umumnya jika mau kondangan atau ke mall. Namun cewek Cabe Cabean kerap berdandan ‘super menor’ tatkala hang out di malam minggu.
3. Bonceng Bertiga atau Empat
Umumnya etika berboncengan menurut aturan lalu lintas maksimal dua orang. Tiga atau empat diperbolehkan dengan syarat misalkan membawa bayi atau anak kecil. Cewek Cabe Cabean lakukan ini bahkan hingga empat orang satu motor.
4. Gemar Kebut-kebutan
Cewek Cabe Cabean suka kebut-kebutan dengan memaerkan kakiknya. Namun sayangnya kaki mereka busikan. Tampang gadis Cabe Cabean nampak putih dari wajah hingga leher.
5. Rok di atas Pusar
Cewek Cabe Cabean demen memakai style rok mini hingga di atas pusar. Hal itu dilakukan untuk menonjolkan payudaranya. Di sekolah aturan rok diberlakukan sepinggang.
6. ‘Maling Teriak Maling’
Ada istilah ‘Maling Teriak Maling’ yang merujuk pada orang yang tak akui perbuatannya dan melempar ke orang lain. Cewek Cabe Cabean juga demikian. Mereka teriaki cewek lain Cabe meski dirinya sendiri adalah Cabe.
7. High Heels di Pasar Malam
Dengan dress trendi plus pakai high heels, cewek Cabe Cabean seharusnya nongkrong di clubbing. Namun mereka malah habiskan malam minggu di pasar malam.
8. Hang Out di Fly Over
Selain pasar malam cewek Cabe Cabean juga habiskan Sabtu malam di fly over. Nah loh mau pacaran atau bunuh diri?
9. Menipu Diri Sendiri
Umumnya cewek Cabe Cabean tunjukkan foto ke target pedekate dengan tampilan yang menipu. Nampak cute, cantik, imut namun setelah kopdar atau ketemuan berbeda dengan aslinya. Mereka juga berikan efek kamera di foto yang dikirimkan.
10. Naik Motor, Celana Pendek, dan Baju Ketat
Itulah ciri mutlak cewek Cabe Cabean. Plus jika berboncengan tiga hingga empat sudah pasti mereka adalah 100% cewek Cabe Cabean. Biasanya sambil berboncengan mereka main HP atau cekikikan ketawa ketiwi.
------------------------***
Udah tahu kan apa itu cabe cabean? Kalau masih gak tau sering2 tongkrong ajalah di parkiran mall. Hehehe

By SULUH PRASETYO on Kamis, 16 Januari 2014 | | 1 comment
1 response to “Apa itu artinya CABE-CABEAN”
  1. Unknown says:

    sumpahhhh NGAKAKKKK liat foto terakhir.... buahahahahhahahaaa..... KOPLAKKK...

Leave a Reply